LAPORAN OBSERVASI
PT. SAMUDRA
TEKNINDO HYDRAUMATIC
Di Susun
Oleh :
Aas
Agustin Safitri ( 1510631120001 )
Ahmad
Cahyadi ( 1510631120005 )
Ahmad
Taufik ( 1510631120008 )
Desi
Puspitasari ( 1510631120020 )
Dwi
Arsyawati ( 1510631120022 )
Fajri
Maulana ( 1510631120027
)
Febriantoro
(
1510631120028 )
Melinda ( 1510631120043 )
Siti
Farhah ( 1510631120019 )
Makalah
ini disusun untuk memenuhi tugas mata
kuliah Etika Bisnis Manajemen Pendidikan Islam Kelas 3A dengan dosen
pembimbing Bapak Dr. H Toha Hasan, Drs., MM
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Jl.H.S. Ronggowaluyo, Teluk
Jambe Timur, Karawang
Tahun Ajaran 2015 – 2016
LEMBAR PENGESAHAN
Karawang, 05 Desember
2016
Dosen Pengampu Ketua
Ulfah Fitriyah, S.Pd.I,. M.Pd.I Febriantoro
KATA PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayah-NYA, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini untuk
memenuhi tugas dalam mata kuliah Etika Bisnis dengan judul ”Laporan Observasi PT Samudra Teknindo Hydraumatic”
Selanjutnya
pada kesempatan ini perkenankanlah kami menyampaikan terimakasih kepada :
- Heryadi Rachman yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada kami sehingga terwujudnya makalah ini.
- Semua pihak yang tidak sempat kami sebutkan satu per satu yang turut membantu kelancaran dalam penyusunan makalah ini.
Saya sadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan makalah
ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Akhirnya dengan iringan do’a yang
tulus ikhlas semoga laporan ini dapat bermanfa’at bagi penulis khususnya dan
bagi para pembaca pada umumnya.
Karawang, 05 Desember
2016
Penulis
DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan ............................................................................................................... ii
Kata Pengantar ..................................................................................................................... iii
Daftar Isi .............................................................................................................................. iv
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ............................................................................................................. 1
B.
Rumusan Masalah ........................................................................................................ 1
C.
Tujuan Penuliasan ........................................................................................................ 2
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.
Pengertian Divisi .......................................................................................................... 3
B.
Pengertian Plant ........................................................................................................... 3
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Lokasi dan waktu
penelitian ........................................................................................ 4
B.
Metode pengumpulan data
.......................................................................................... 4
C.
Sumber data ................................................................................................................. 5
D.
Teknik analisa data ...................................................................................................... 5
BAB IV PEMBAHASAN
A.
Profil PT Samudra Teknindo Hydraumatic ................................................................. 6
B.
Visi, misi, tujuan dan
sasaran PT Samudra Teknindo Hydraumatic ............................ 7
C.
Produksi
dari PT Samudra Teknindo Hydraumatic ..................................................... 8
D.
Bagaimana cara mengukur
kepuasan pelanggan .......................................................... 8
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan ................................................................................................................ 11
B.
Saran .......................................................................................................................... 11
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Dalam era yang serba
modern seperti saat ini, tingkat persaingan bisnis yang tinggi membuat
perusahaan berlomba-lomba untuk mempertahankan, memenangkan persaingan pasar
serta memperluas keeksistensiannya. Industri sejenis akan selalu berusaha
memperebutkan pasar yang sama. Imbas dari persaingan itu tentunya sangat jelas
dimana konsumen kemudian menjadi semakin kritis memilih yang terbaik bagi
mereka. Maka dari itu pemasaran perlu mengetahui dan mempelajari kebutuhan dan
keinginan konsumen, serta karakter yang dimiliki konsumen.
Salah satu bidang usaha
yang berkembang pesat saat ini adalah retail. Hal ini ditandai dengan
semakin banyaknya usaha retail di Indonesia karena banyaknya permintaan
masyarakat dan gaya hidup masyarakat yang semakin modern, yakni lebih
menyenangi suasana kenyamanan berbelanja, kemudahan dalam menemukan produk,
kepraktisan dengan harga terjangkau. Department Store merupakan suatu
sarana berbelanja retail yang menawarkan berbagai jenis produk berbagai supplier
untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
B.
Rumusan masalah
Berdasarkan uraian dari
latar belakang diatas,maka secara umum rumusan masalah pada makalah ini adalah
sebagai berikut :
- Bagaimana Profil PT Samudra Teknindo Hydraumatic ?
- Bagaimana Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PT Samudra Teknindo Hydraumatic?
- Apa saja yang diproduksi oleh PT Samudra Teknindo Hydraumatic?
- Bagaimana Program Kerja Oil & Gas Equipment di PT Samudra Teknindo Hydraumatic ?
- Bagaimana Analisis SWOT PT Samudra Teknindo Hydraumatic?
C.
Tujuan
1. Untuk mengetahui tentang Profil PT Samudra
Teknindo Hydraumatic.
2. Untuk mengetahui tentang Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PT Samudra Teknindo Hydraumatic.
3. Untuk mengetahui tentang produksi oleh PT Samudra
Teknindo Hydraumatic.
4. Untuk mengetahui tentang Program Kerja Oil & Gas Equipment di PT Samudra Teknindo Hydraumatic.
5. Untuk mengetahui analisis SWOT PT Samudra
Teknindo Hydraumatic
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Pengertian Divisi
Divisi dalam perusahaan adalah pembagian stuktur organisasi yang ada di
dalam perusahaan. Setiap pembagian ini memiliki fungsi dan wewenang
masing-masing didalam perusahaan tersebut. Semua divisi ini berjalan atas satu
tujuan yang sama, yaitu perusahaan mampu untuk berjalan dengan sebagaimana
mestinya.
Kepala divisi adalah seorang direktur dimana ia akan membagi perusahaan
menjadi beberapa divisi perusahaan. Setiap divisi ini akan dikepalai oleh
seorang kepala divisi bagian dimana tugasnya adalah mengontrol kerja dari
setiap divisi. Dan, setiap divisi akan bertugas untuk menjalankan tugas
tertentu didalam perusahaan.
Kepala divisi ini akan memberikan pertanggungjawaban kerja kepada General
Manager sebagai posisi tertinggi didalam perusahaan. Sedangkan setiap kepala
divisi bagian akan bertanggung jawab kepada kepala divisi ini.
B.
Pengertian Plant
Plant department merupakan sebuah department
strategis didalam sebuah perusahaan yang mengemban tanggung jawab
dan tanggung gugat atas manajemen asset berupa equipment dan memastikan
ketersediaannya yang layak untuk dapat dipergunakan oleh department lain
sebagai user dimana akan merupakan usaha dalam hal pencapaian target produksi
dan kegiatan terkait pada aktivitas pertambangan.
Dalam pengertian yang paling umum, tempat kedudukan perusahaan (plant
location) adalah letak geografis bangunan, mesin-mesin, dan
peralatan-peralatan yang dimiliki perusahaan yang digunakan untuk mengolah
barang-barang dan/atau jasa-jasa.
Letak
perusahaan sering pula disebut tempat kediaman perusahaan,yaitu tempat dimana
perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari.Sedangkan istilah tempat kedudukan
perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahaan.
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Lokasi dan Waktu Penelitian
- Lokasi Penelitian
Tempat : PT. Samudra Teknindo Hydraumetic
Jln. Raya
Pinayungan No 88 Teluk Jambe Timur
Karawang
Barat
- Waktu Penelitian
a. Masa persiapan dilakukan pada tanggal 21 November 2016 dengan rangkaian
mempersiapkan surat izin observasi ke PT Samudra Teknindo Hydraumetic.
b. Masa Permohonan dilakukan pada tanggal 24 November 2016 dengan rangkaian
memberikan surat permohonan izin observasi ke Pihak PT Samudra Teknindo
Hydraumetic melalui Supervisor.
c. Masa Observasi dilakukan pada tanggal 24 November & 1 Desember 2016
d. Masa Penyusunan Laporan dilakukan tanggal 05 – 07 Desember 2016 dengan
rangkaian penyusunan laporan dari proses editing, proses pengetikan sampai
percetakan.
B.
Metode Pengumpulan Data
Di dalam peyusunan
penulisan ilmiah ini penulis memerlukan sumber-sumber data. Untuk mempermudah penelitian ini peneliti menggunkan beberapa metode
pengumpulan data, diantaranya adalah:
- Observasi
Dalam penelitian ini observasi akan dilakukan dengan cara peneliti langsung
terjun kelapangan tepatnya di Kantor PT Samudra Teknindo Hydraumetic.
- Wawancara
Wawancara dilakukan untuk menganalisa respon atau tanggapan mengenai
permasalahan yang dirumuskan oleh kami. Dalam metode wawancara ini peneliti
akan melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang langsung berkaitan yaitu:
Bapak Heryadi Rachman selaku supervisor PT Samudra Teknindo Hydraumetic.
- Tinjauan Pustaka
Kami mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan pengetahuan berbahasa dari
beberapa situs di internet.
C.
Sumber Data
1.
Data Primer
Data primer merupakan
data yang diperoleh secara langsung dari tempat penelitian (lokasi penelitian)
dan merupakan data yang diperoleh dari sumber pertama yaitu seperti hasil
wawancara dan observasi yang berupa keterangan-keterangan dari pihak-pihak yang
terkait. Hal ini untuk mendapatkan informasi mengenai Profil, Visi, Misi,
Tujuan dan Sasaran PT Samudra Teknindo Hydraumetic.
2.
Data Sekunder
Data sekunder merupakan
data yang diperoleh peneliti bukan dari cara peneliti sendiri tetapi
dikumpulkan oleh orang lain. Dalam data sekuder ini peneliti Program Promosi PT
Samudra Teknindo Hydraumetic Tahun 2016.
D.
Teknik Analisa Data
Teknik analisis data
yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisa Deskriptif kualitatif,
yaitu menganalisis data-data yang sudah terkumpul kemudian mengkaitkan antara
data-data yang sudah terkumpul dari proses pengumpulan data yaitu melalui
wawancara dan observasi. Dalam penerapannya, tehnik ini digunakan untuk Analisi
SWOT PT Samudra Teknindo Hydraumetic.
BAB IV
PEMBAHASAN
A.
Profil Perusahaan
Nama : PT Samudra
Teknindo Hydraumetic
Alamat :
Jln. Raya Pinayungan No 88 Teluk Jambe Timur Karawang Barat
Telepon : +62 267 8457505
Faksimili : +62 267 8457505
Situs Web : www.samudrateknindo.com
Jenis Usaha : Manufacture
Direktur : Tjiong Henry
1.
Sejarah Perusahaan
PT. Samudra
Teknindo Hydraumatic merupakan perusahaan perseroan terbatas yang didirikan
pada tanggal 09 September 1989, yang
mengkhususkan pada pekerjaan yang membutuhkan kualitas tinggi, berstandar
Internasional dan selalu mengutamakan keselamatan pekerja, property dan
lingkungan.
Kami selalu mengutamakan keselamatan serta selalu menjaga kualitas
pekerjaan. PT.Samudra Teknindo Hydraumatic telah berpengalaman dan mampu
mengerjakan pekerjaan-pekerjaan sebagai berikut:
a. Fabrication Vessel ( Pressure & Non
Pressure Part ) Piping, Metering etc
b. Steel Structure Fabrication
d. Metal Treatment : PVD Coating, Electroless
Nickel Plating ( ENP/NiP )
e. General Machunung and Presision Part
B.
Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Perusahaan
a.
Visi dari PT. Samudra
Teknindo Hydraumetic adalah :
Mengelola PT. Samudra
Teknindo Hydraumetic menjadi perusahaan Design and Manufacture &
Commissioning Hydromatic System Oilfield & Marine Equipments Pressure
Vessel & Steel Structure Pubrication yang didukung oleh sumber daya yang
handal, dengan mengutamakan keefektifan dan keefisienan
b. Misi dari PT. Samudra Teknindo Hydraumetic adalah :
PT. Samudra Teknindo Hydraumetic merupakan
sebuah perusahaan, Design and Manufacture & Commissioning Hydromatic System
Oilfield & Marine Equipments Pressure Vessel & Steel Structure
Pubrication, yang menyediakan barang dan jasa berkualitas tinggi mencakup, aspek
teknis, biaya, pengiriman, dan keamanan dalam ranka memperoleh laba untuk
pertumbuhan perusahaan, memberi manfaat kepada karyawan dan pemegang saham
serta mengembangkannya secara terus menerus.
c. Tujuan pokok kami adalah untuk mencapai hasil yang maksimal sesuai visi dan
misi.
d. Sasaran mutu dari PT. Samudra Teknindo Hydraumetic Departemen Produksi dan
Pabrikasi adalah:
1. Depatemen Produksi:
a. Menerima NCR dari customer
b. Memberi pelatihan kepada operator dan teknisi
2. Departemen Pabrikasi:
a. Mendapatkan non conpormance report and corrective action request of produc
b. Keterlambatan delivery
C.
Produksi PT Samudra Teknindo Hydroumatic
1.
Plant A
Divisi Supporting Cutting Stamping Finishing
Bagian ini ialah yang
mendukung proses pabrikasi lain,
sedangkan yang memproduksinya di Divisi lain.
2.
Plant B
Divisi Machining Center
( Proses Bubut, Milling), Divisi ini adalah yang membuat piston, seperti piston
motor, piston mobil. Disini juga untuk mengahaluskan barang-barang yang masih
kasar, melubangi besi, membelah koin dan membentuk besi sesuai keinginan. Dalam
divisi ini membuatnya sesuai perintah komputer
3.
Plant C
Divisi Oil & Gas
Equipment, yaitu dimana dalam plant ini membuat Tangki, pipa saluran minyak dan
gas. Disini juga proses pengecatan dimana benda yang awalnya berwarna hitam
atau berkarat akan dicat ulang sesuai warna pesanan. Dan di Divisi ini juga
bisa untuk menyuply gas.
4.
Plant D
Divisi Fabrikasi Steel
Structure adalah perusahaan baru atau perusahaan lain yang membutuhkan bangunan di buat disini.
D.
Pengukuran Kepuasan Pelanggan
Proses Pengukuran
a. Record jumlah keluhan pelanggan perbulan
b. Catat keluhan pelanggan menggunakan form Customer Complaint
c. Survey kepuasan pelanggan
·
Survey dilakukan
minimal satu kali dalam satu tahun terhadap pelaksanaan pekerjaan yang
diselesaikan pada tahun berjalan
·
Metode survey engan
menyebarkan angket / kuisioner terhadap pelanggan PT Samudra Teknindo
Hydraumatic
·
Kuisioner diberikan
kepada minimal 3 orang responden yang dianggap mewakili pelanggan
·
Respon dari para
rsponden diharapkan dapat diterima kembali maksimal 10 hari kalender sejak
kuisioner diterima oleh para responden
d. Penilaian Kepuasan Pelanggan
·
Kuisioner bermaterikan
bagian-bagian paling penting yang diinginkan oleh pelanggan, yang secara umum
dibagi dalam 3 kategori :
Ø Faktor yang berhubungan dengan produk (harga, kualutas, performance dan
keandalan)
Ø Faktor yang berhubungan dengan pelayanan (jaminan, respon, dan cara
pemecahan permasalahan)
Ø Faktor yang berhubungan dengan pembelian (pengalaman, kemudahan dan
kenyamanan)
·
Setiap kategori
diberikan angka penilaian dengan interval sangat kurang sampai dengan sangat
memuaskan
·
Dari angaka penilaian
para responden tersebut akan diperoleh nilai kinerja yang akan menggambarkan
kemampuan PT Samudra Teknindo Hydraumatic dalam memenuhi keinginan pelanggan
dan perbandingannya dengan para kompetitor dengan bidang sejenis
e. Analisa Kepuasan Pelanggan
·
Maksimal satu keluhan
pelanggan yang diterima dan ditindak lanjuti dalam jangka waktu satu bulan.
Penerimaan keluhan pelanggan dari telepon, fax dan email
·
Hasil survey akan
dianggap mewakili untuk dapat dihitung sebagai dasar pengukuran tingkat
kepuasan pelanggan apabila minimal 75% dari pelanggan yang di survey memberikan
respon
·
Respon dari para
responden setelah di konfersikan dengan nilai dari setiap bagian yang di survey
selanjutnya akan dibagi dengan jumlah total responden, sehingga akan di dapat
satu angka yang disebut nilai total
·
Nilai indeks di dapat
dari jumlah rata-rata nilai total semua item yang di survey
·
Nilai indeks adalah
nilai kepuasan pelanggan terhadap kinerja PT Samudra Teknindo Hydraumatic
·
Untuk mengetahui
tingkat kepuasan pelanggan adalah dengan menggunakan metode Gap Analisis
Statict(GAS) yaitu dengan membandingkan nilai indeks yang di peroleh terhadap
nilai harapan pelanggan (HK)
·
Dari perbandingan
tersebut akan di hasilkan angka.rasio Ni/HK dengan kriteria sebagai berikut:
Ø 0,25-0,44 : Sangat kurang
Ø O,50-0,74 : Kurang
Ø 0,75-0,99 : Memuasakan
Ø 1.00- : Sangat
memuasakan
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil
observasi dilakukan pada tanggal 24 November & 1 Desember di PT Samudra
Teknindo Hydraumatic merupakan salah satu Perusahaan Manufactur yang memproduksi
barang, seperti besi pipa dan tabung,
pipa gorong gorong / gelombang, pipa segi enam, pipa segi delapan, pipa bulat,
pipa flat elliptical, pipa kotak persegi, pipa opal, struktur baja &
konstruksi baja, baja bekisting & scaffolding, mesin & peralatan migas,
mesin & peralatan pertanian & kehutanan, produk, komponen dan peralatan
yang menggunakan besi, tiang telekomunikasi, sistem hidrolik (hydraulic
system), mesin industri baja, peralatan & alat, pompa untuk industri
(industrial pump), sistem penomatik/ angin (pneumatic system), derek hidrolik
(hydraulic winches).
B.
Saran
Dengan adanya kegiatan
observasi ini, kita dapat memahami tentang bagaimana cara menganalisa sebuah
laporan. Untuk itu kritik dan saran kami butuhkan agar laporan observasi ini
menjadi lebih baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar